Mendengarkan Yang Efektif

Terlalu sering kita jauh lebih antusias berbicara daripada mendengarkan. Namun sangat penting jika jayawarta.com kita ingin berkomunikasi secara efektif. Kebanyakan putusnya hubungan disebabkan karena orang berbicara satu sama lain tanpa benar-benar melakukan kontak. Kecuali seseorang mendengar apa yang telah dikatakan termasuk subteksnya, kata-kata tersebut memiliki nilai yang kecil.

Ketika kita secara aktif didengarkan, kita merasa dihargai dan jauh lebih mungkin untuk terlibat dalam negosiasi dan kompromi.

Proses Mendengarkan Yang Efektif - ujiansma.com

Mendengarkan lebih dari sekadar kata-kata. Menonton ekspresi wajah dan bahasa tubuh seringkali merupakan barometer yang jauh lebih akurat daripada kata-kata yang digunakan.
Hal-hal baik yang dikatakan di mana senyum tidak mencapai mata adalah contoh yang jelas.

Untuk menjadi pendengar yang efektif, penting bagi Anda untuk mendengarkan secara aktif.

10 tips untuk menjadi pendengar yang lebih efektif

Membuat kontak mata.

Baca bahasa tubuh pembicara. Apakah mereka santai, cemas, marah? Ekstrem mudah dikenali tetapi seringkali pesannya jauh lebih halus

Mencerminkan bahasa tubuh pembicara- halus, tarian lembut daripada karikatur.

Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan, mengangguk, memberikan tanggapan yang sesuai

Ajukan pertanyaan yang relevan, minta mereka untuk mengklarifikasi jika Anda tidak jelas tentang artinya

Ringkasnya: jadi apa yang Anda katakan adalah ……….

Gunakan pertanyaan terbuka, siapa, apa, di mana, kapan,

Berhati-hatilah dengan nada suara Anda saat menjawab atau mengajukan pertanyaan. Sangat mudah untuk tampil sebagai penghakiman atau sebagai interogator dari Inkuisisi Spanyol

Gunakan empati. Akui kesulitan, tetapi berhati-hatilah agar tidak terjebak dalam anekdot dari pengalaman Anda. “Saya merasa bahwa Anda menemukan ini agak sulit” daripada “Oh, saya tahu, itu terjadi pada saya tetapi saya lebih besar, lebih sulit dll”

Ambil minat yang nyata, jika Anda hanya melakukan gerakan, kurangnya ketulusan akan terlihat jelas bagi orang lain. Tinggalkan ego Anda, berkonsentrasilah pada orang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *